Yahoo Groups‎ > ‎

Apa itu JAPRI ?

Pendahuluan

Rekan-rekan Pengusaha YSH,

Perkembangan mailing list atau user group di Indonesia bisa dikatakan sebagai salah satu yang teraktif di dunia. Tidak heran, dari dinamika tersebut banyak istilah kemudian bermunculan yang seringkali membingungkan kita. Terutama untuk kita yang masih cukup baru mengikuti satu atau beberapa mailing list saat ini.

Untuk membantu rekan-rekan yang mungkin termasuk dalam golongan tersebut,  maka kami  memutuskan untuk memposting tips dan istilah teknis yang mungkin bisa membantu dari sisi pemahaman peristilahan tersebut dan tips-tips lainnya tiap minggu.

Untuk minggu ini kami mengangkat satu istilah yang sebenarnya sudah cukup lama ada tapi masih banyak pertanyaan seputar kata ini, yaitu JAPRI !

Jadi apa itu JAPRI ?

JAPRI adalah singkatan dari "JALUR PRIBADI". Dalam konteks milis / forum arti istilah ini adalah bahwa pengirim pesan ingin balasan untuknya dialamatkan secara pribadi aja ke dia, dan bukannya dibalas kembali di milis. 

Dan ini merupakan sikap beretika di milis yang baik, kenapa ? Karena ini untuk mencegah agar “percakapan” yang hanya hanya menyangkut kepentingan dua atau tiga orang  tidak berkepanjangan dan mengganggu anggota milis lainnya.

Contoh Yang Buruk


Bapak A memposting pesan ke forum : [Dijual] Tanah di Tangerang Dijual dengan harga Rp 2 juta / m2 untuk 100m2.

Bapak B membalas di forum : Pak A, kemahalan tuh... bisa dinego tidak ?

Bapak A di forum  : Pak B, ini masih nego... boleh tahu harganya minta berapa ?

Bapak B di forum  : Pak A, kalau bisa sih Rp 1,2 juta / m2

Bapak A di forum  : Pak B, wah... kalau itu ga dapat Pak. Hm... saya kasih Rp 1,8 juta / m2. Itu sudah net banget, saya ga banyak ambil untungnya...

Bapak B di forum  : Pak A, turunin lagi jadi Rp 1,6 juta/m2 saya ambil langsung..

Bapak A di forum  : Pak B, belum dapat Pak....

.................... dan seterusnya



Nah, contoh negosiasi di atas yang diposting di forum dan hanya melibatkan Bapak A dan B akan sangat mengganggu anggota lain yang tidak berkepentingan karena akan memenuhi kotak surat / inbox mereka. Untuk itulah digunakan istilah JAPRI untuk mengingatkan bagi yang tertarik untuk mendiskusikan topik lebih lanjut agar mengirim secara pribadi aja.

Contoh Yang Baik


Bapak A memposting pesan ke forum
Subjek : [Dijual] Tanah di Tangerang 

Dijual dengan harga Rp 2 juta / m2 untuk 100m2.

 Untuk yang berminat dan SERIUS bisa menghubungi saya secara japri ke emailBapakA@emailsaya.com.


Nah... Bapak A dengan jelas mengingatkan kepada yang berminat terhadap tawarannya agar menghubungi beliau secara pribadi di email yang tertulis yaitu emailBapakA@gmail.com, bukan posting di forum (contoh : jaringan-bisnis@yahoogroups.com).

Penutup

Demikian tips minggu ini, semoga bisa mendatangkan manfaat bagi kita semua !
--
Salam Sukses dan Jabat Erat,

Moderator JaringanBisnis.com

Comments